Model Pengembangan Standar Profesi



Jenis – jenis Profesi di Bidang IT
Profesi di bidang IT berhubungan dengan teknologi komputasi, misalnya perangkat keras, perangkat lunak, internet, jaringan, dan lain sebagainya. Sekarang ada banyak perusahaan yang mempunyai departemen IT yang tujuannya untuk mengelola komputer dan bidang teknisi yang lain.
Macam-macam jabatan dalam dunia IT antara lain sebagai berikut:
·         Analyst Programmer
·         System Analyst
·         Web Designer
·         Project Manager
·         Systems Engineer
·         Network Administrator
·         Software Enginner
·         Database Administrator
·         IT Manager
·         IT Programmer

Deskripsi kerja profesi IT
a.      Network Administrator
Kualifikasi untuk menggeluti profesi ini umumnya adalah D3 atau S1 dalam ilmu komputer. Lalu usia yang diharapkan biasanya 25-30 tahun dengan pengalaman dalam bidang IT administrator selama 2 hingga 3 tahun. Harus menguasai linux redora server juga win 2000 administration tool.
Tugas dari profesi ini antara lain merawat juga maintain jaringan LAN, merawat juga maintain komputer, serta meng-archive data.
b.      IT Programmer
Kualifikasi untuk menggeluti profesi IT programmer adalah lulus dari S1 teknologi informasi. Dapat menguasai Java, PHP, MySQL, Net/C#, OOB, VB, juga C++. Memiliki pengalaman minimal dua tahun, usia yang dibutuhkan biasanya 20 hingga 30 tahun.
Tanggung jawab orang yang bergelut di profesi ini ada banyak, antara lain ikut mengembangkan dan integrasi software, mengembangkan kemampuan dalam hal pengembangan software, menerima permintaan dari user agar menyelesaikan beberapa masalah-masalah.
c.       System Analyst
Kualifikasi profesi ini adalah kuliah minimal S1 dan berpengalaman dalam bidang tersebut selama tiga tahun. Biasanya usia maksimal yang dibutuhkan adalah 40 tahun. Lalu harus mahir dalam membuat software database website atau windows yang pastinya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.
Tanggung jawab yang harus diemban oleh system analyst antara lain membantu pegawai juga departemen dalam hal komputer, bertanggung jawab terhadap sistem operasi juga sub sistemnya yang saling berhubungan, mencari langkah alternatif untuk membuat penggunaan komputer optimal.

Standar profesi ACM dan IEEE
ACM, singkatan dari Association for Computing Machinery (Asosiasi untuk Permesinan Komputer), adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan komputer pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1947. Anggota ACM sekitar 78.000 terdiri dari para profesional dan para pelajar yang tertarik akan komputer. Dia bermarkas besari di Kota New York.Banyak dari SIG, seperti SIGGRAPH, SIGPLAN dan SIGCOMM, mensponsori konferensi teratur yang menjadi terkenal sebagai acara utama untuk memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu.
SIG juga menerbitkan sejumlah jurnal khusus, majalan, dan surat berita.ACM juga mensponsori acara yang berhubungan dengan ilmu komputer seperti ACM International Collegiate Programming Contest (ICPC) yang mendunia, dan telah mensponsori beberapa acara lainnya, seperti pertandingan catur antara Garry Kasparov dan komputer IBM Deep Blue.
ACM memiliki empat “Board” yang membentuk berbagai komite dan sub kelompok, untuk membantu staf Markas menjaga kualitas layanan dan produk. Papan ini adalah sebagai berikut:

1. Publikasi
2. SIG Pemerintahan Dewan
3. Pendidikan
4. Keanggotaan Layanan Dewan
IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.
IEEE memiliki lebih dari 300.000 anggota individual yang tersebar dalam lebih dari 150 negara.Aktivitasnya mencakup beberapa panitia pembuat standar, publikasi terhadap standar-standar teknik, serta mengadakan konferensi.
Tujuan inti IEEE adalah mendorong inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk kepentingan kemanusiaan, sedangkan visi IEEE adalah akan menjadi penting untuk masyarakat teknis global dan professional teknis dimana-mana dan dikenal secara universal untuk kontribusi teknologi dan teknis yang professional dalam meningkatkan kondisi perkembangan global. Standar dalam IEEE adalah mengatur fungsi, kemampuan dan interoperabilitas dari berbagai macam produk dan layanan yang mengubah cara orang hidup, bekerja dan berkomunikasi.

Standar Profesi di Indonesia  dan regional
Saat ini Teknologi Informasi (TI) berkembang sangat pesat. Secara tidak langsung dinamika industri di bidang ini juga meningkat dan menuntut para profesionalnya rutin dan berkesinambungan mengikuti aktifitas menambah ketrampilan dan pengetahuan baru.
Perkembangan industri TI ini membutuhkan suatu formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan profesi yang berkaitan dengan keahlian dan fungsi dari tiap jabatannya. Hal ini menimbulkan kebutuhan untuk dibentuknya suatu standar profesi di bidang tersebut. Para profesional TI, sudah sejak lama mengharapkan adanya suatu standard kemampuan yang kontinyu dalam profesi tersebut.
IEEE Indonesia Section berada pada IEEE Region 10 (Asia-Pasifik). Ketua IEEE Indonesia Section tahun 2009-2010 adalah Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini IEEE Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu:
  1. Chapter Masyarakat Komunikasi (Communications Society Chapter)
  2. Chapter Masyarakat Sistim dan Sirkuit (Circuits and Systems Society Chapter)
  3. Chapter Teknologi Bidang Kesehatan dan Biologi (Engineering in Medicine and Biology Chapter)
  4. Chapter Gabungan untuk Masyarakat Pendidikan, Masyarakat Peralatan Elektron, Masyarakat Elektronik Listrik, dan Masyarakat Pemroses Sinyal (Join Chapter of Education Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal Processing Society)
  5. Chapter Gabungan MTT/AP-S (Joint chapter MTT/AP-S)
Selain standarisasi yang disebutkan sebelumnya, beberapa perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah mempunyai klasifikasi pekerjaannya sendiri. Begitu juga dengan beberapa perusahaan swasta yang besar, telah mengembangkan klasifikasi pekerjaan mereka sendiri juga. Belum adanya standardisasi klasifikasi pekerjaan ini terkadang menimbulkan kesulitan bagi para profesional TI.

Referensi :
-          http://www.rey1024.com/2011/05/jenis-jenis-pekerjaan-bidang-it/
-          http://www.bimbingan.org/berbagai-jenis-profesi.htm
-          http://expert19.wordpress.com/2012/03/29/standar-acm-dan-ieee/

0 Responses to "Model Pengembangan Standar Profesi"