IT Forensics



Kebutuhan akan informasi dan teknologi saat ini telah menjadi bagian utama dalam kehidupan manusia modern. Mulai dari kebutuhan akan informasi berita terkini, sampai kepentingan akan suatu bisnis suatu perusahaan. Dalam suatu perusahaan, institusi ataupun organisasi tertentu, aset data dan system merupakan suatu bagian terpenting yang menjadi dasar bagaimana suatu perusahaan, dapat melakukan pergerakan dan kemajuan untuk kedepannya.    
1.1      IT Audit
Audit IT pada mulanya dikenal sebagai EDP Audit (Electronic Data Processing) yang mana telah mengalami suatu perkembangan yang begitu pesat. Audit IT ini berkembang dengan dorongan besar dari kemajuan teknologi yang ada pada system keuangan, sehingga makin meningkatnya kebutuhan akan pengontrolan IT, dan juga tentunya pengaruh dari computer itu sendiri yang mana bertugas untuk menyelesaikan tugas-tugas penting.
IT Audit adalah proses pengumpulan dan pengevaluasian bukti-bukti untuk menentukan apakah sistem informasi dan sumber-sumber yang berkaitan dapat menjaga aset, memelihara data dan integritas sistem dengan cukup, menyediakan informasi yang relevan dan dapat diandalkan, mencapai tujuan organisasi yang efektif, menggunakan sumber-sumber secara efisien, dan memiliki efek pengendalian internal yang memberikan jaminan yang layak bahwa tujuan operasional dan pengendalian akan tercapai.
1.2      IT Audit Trail
Audit Trail merupakan salah satu fitur dalam suatu program yang mencatat semua kegiatan yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log. secara rinci. Audit Trail secara default akan mencatat waktu , user, data yang diakses dan berbagai jenis kegiatan. Jenis kegiatan bisa berupa menambah, merungubah dan menghapus. Audit Trail apabila diurutkan berdasarkan waktu bisa membentuk suatu kronologis manipulasi data.
Cara kerja Audit Trail
Audit Trail yang disimpan dalam satu table.
  1. Dapat dilakukan dengan cara menyisipkan suatu perintah penambahan record ditiap-tiap query Insert, Update dan juga Delete.
  2. Memanfaatkan fitur trigger yang ada pada DBMS. Trigger adalah suatu kumpulan SQL statement, yang secara otomatis akan menyimpan log yang ada pada event Insert, Update, atupun Delete yang ada pada sebuah table.
1.3      Real Time Audit
Real Time Audit (RTA) adalah suatu sistem untuk mengawasi teknis dan keuangan sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan status saat ini dari semua kegiatan dengan mengkombinasikan prosedur sederhana atau logis untuk merencanakan dan melakukan dana kegiatan, siklus proyek pendekatan untuk memantau kegiatan yang sedang berlangsung, dan penilaian termasuk cara mencegah pengeluaran yang tidak sesuai. Audit IT lebih dikenal dengan istilah EDP Auditing (Electronic Data Processing) yang digunakan untuk menguraikan dua jenis aktifitas yang berkaitan dengan computer
1.4      IT Forensics
Secara sederhana IT Forensics dapat didefinisikan sebagai penggunaan sekumpulan prosedur yang mana untuk melakukan suatu pengujian suatu system computer secara menyeluruh harus menggunakan software atau tools untuk mamapu memelihara barang bukti kriminal.
Tujuan IT Forensics
Bertujuan untuk mengamankan dan menganalisa bukti digital. Kejahatan komputer dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. Komputer Fraud
Suatu bentuk kejahatan dari segi system organisasi komputer.
  1. Komputer Crime
Merupakan kegiatan yang menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan pelanggaran hokum.
Terminologi IT Forensics
Empat elemen penting dalam teknologi informasi, antara lain :
-          Identifikasi dari bukti digital
Tahap identifikasi data itu berada, data disimpan dan bagaimana cara penyimpanan data tersebut.
-          Penyimpanan bukti digital
Bukti digital dapat hilang dengan begitu saja apabila penyimpanan kurang baik.
-          Analisa bukti digital
Pengambilan, pemrosesan dan interpretasi merupakan bagian penting dalam analisa bukti.
-          Presentasi bukti digital
Proses persidangan yang mana bukti digital akan di uji kasus.
IT audit adalah suatu proses untuk mengumpulkan serta mengevaluasi suatu fakta dan bukti agar dapat mengetahui apakah suatu sistem telah terorganisasi dengan baik atau belum, dan bertujuan untuk menjaga aset serta menjaga integritas data dari kerusakan. Pada IT Audit juga mengenal apa yang dinamakan dengan Real Time Audit (RTA). Real Time Audit adalah suatu sistem untuk mengawasi teknis sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan dari semua kegiatan dengan mengkombinasikan prosedur sederhana atau logis untuk merencanakan dan melakukan suatu kegiatan.
Referensi :
-          http://www.share-pdf.com/9aa7e927f44f48a69301cdd188e293cb/IT%20Forensics.htm
-          http://humisar-fredy.blogspot.com/2012/04/artikel-bab-4-it-forensic.html

0 Responses to "IT Forensics"